Penyebab dan Cara Atasi Laptop/Komputer Lemot

Cara Ampuh mengetasi komputer atau laptop lemot

Setiap gadget yang kita gunakan pasti ada saatnya akan mengelami hal "lemot", hal ini dikarenakan sebab-sebab hal yang membuat kelemotan terxebut. Sebut saja sebagai contoh adalah komputer yang lemot atau laptop lemot, mungkin saja hal itu bisa terjadi karena banyak spam dan aplikasi yang berat untuk komputer atau laptop kita. Penyebab laptop lemot atau penyebab laptop yang lemot ada beberapa macam yang harus dibenahi.

laptop lemot

Penyebab Laptop/Komputer Lemot adalah...

1.   File "Temporary" yang terlalu besar.
          Kenapa file temp atau file temporary ini menjadi besar? Bagaimana cara ampuh mengatasi file ekstensi temp agar laptop dan komputer kita menjadi ringan dan lancar?. Penjelasan singkat mengenai apa itu file temporary(file temp). File temp(file temporary) adalah seperti spam yang menyimpan history serta cache internet sesaat sedang kita setelah koneksi internet.  Ketika folder ini sudah menjadi besar maka akan menghambat kinerja laptop atau komputer.
Cara mengatasi komputer/Laptop yang lemot adalah bisa menggunakan aplikasi atau software CCleaner. Silahkan bisa mencari di Web Ccleaner.

2. Terlalu banyak program aplikasi yang terinstall.
          Kita jarang sadar saat kita menginstall beberapa aplikasi yang kita butuhkan. Terkadang hal ini menyebabkan komputer/laptop menjadi lemot, hal ini bukan dipungkiri lagi karena terlalu banyaknya aplikasi yang ada pada komputer kita akan memakan memory yang cukup banyak sehingga mengakibatkan laptop menjadi lemot. Hal ini bisa di atasi dengan jalan melakukan uninstall program aplikasi yang sudah tidak kita butuhkan lagi. Salah satu cara uninstall program adalah dengan cara buka control panel, kemudian pilih program, pilih ununstall program ikuti perintah unistall-nya sampai selesai.

3. Kerusakan pada komponen komputer.
         Salah satu hal yang bisa menyebabkan komputer/laptop menjadi lemot adalah karena faktor kerusakan komponen hardware komputer atau laptop, sebagai contoh saja adalah kerusakan pada hardisk. Tentu hal ini mengakibatkan timbulnya lemot karena bekerja tidak optimal.
Kita bisa menghindari dengan cara melakukan defragment hardisk agar hardisk bisa bekerja secara optimal. Jika sudah rusak maka hal yang harus kita lakukan adalah mengganti hardisk yang baru.

4. Karena ada virus.
          Bukan tidak mungkin hal ini terjadi karena virus adalah hal yang menimbulkan masalah pada komputer/laptop kita. Cara mengatasi agar terhindar dari virus adalah dengan cara menginstall antivirus dan selalu berusaha melakukan update antivirus yang kita install.

Kita harus mengetahui secara pasti apa yang mengakibatkan laptop/komputer kita menjadi lemot secara tiba-tiba. Sekian ilmu yang bisa saya bagikan mengenai apa tang menyebabkan komputer/laptop lemot dan cara mengatasi lemot komputer dan mengatasi ampuh laptop lemot.


Referensi : 

http://panduankomputer-laptop.blogspot.com/2013/05/penyebab-dan-cara-mengatasi-komputer.html