Sistem Operasi Linux yang Populer

Sistem Operasi Linux Terpopuler

Sistem operasi linux mempunyai jenis-jenis varian linux, bukan hanya satu tetapi banyak sekali varian jenis linux. Linux merupakan sistem operasi freeware yang sedang berkembang pesat periode ini. Mengenai apa itu sistem operasi linux  sudah saya bahas secara rinci sebelumnya. Jenis-jenis linux biasa disebut dengan distro linux, kali ini saya akan membahas dan membagi ilmu pengetahuan jenis linux terpopuler dan distro linux yang sering digunakan saat ini.
jenis-jenis linux

1. Linux Mint.
          Linux mint adalah salah satu jenis sistem operasi linux yang berbasis dari Ubuntu. Linux mint pertama kali dirilis dan muncul pada tahun 2006 oleh Clement Levebvre. SIstem operasi linux mint ini adalah salah satu distro linux yang cukup populer dibandingkan dengan linux yang lainnya.
Hal ini dikarenakan oleh keunggulan linux mint yaitu desain tampilannya yang sangat user friendly, mudah melakukan instalasi aplikasi atau program, tersedia program aplikasi multimedia yang cukup lengkap, dan juga aman serta handal.

2. Ubuntu.
          Sistem operasi Ubuntu juga termasuk kedalam sistem operasi linux. Ubuntu sendiri adalah libux distribusi dari Debian. Sistem operasi Ubuntu dibuat didistribusikan secara gratis sebagai perangkat lunak freeware dan juga sumber terbuka. Ubuntu sendiri berasal dari kata bahasa afrika, yaitu  yang berarti "Kemanusiaan bagi orang lain".

3. Debian.
          Debian adalah salah satu sistem operasi dari linux yang cukup terkenal dikalangan masyarakat. Debian sendiri dikembangkan oleh sekumpulan programmer di seluruh belahan dunia sebagai relawan dengan dasar pengembangan yang terbuka. Debian adalah sistem operasi open source yang gratis dibawah naungan lisensi GNU. Kelebihan utama dari debian adalah sistem operasi debian termasuk linux turunan Unix sehingga dapat digunakan pada komputer server maupun client dan sebagai solusi yang serba guna. Tidak perlu handal menguasai administrator karena sangat mudah digunakan, dan hadir dengan dilengkapi 26000 paket dukungan untuk para penggunanya.

4. Kali Linux.
          Salah satu sistem operasi linux yang cukup terkenal adalah kali linux (Backtrack), biasa digunakan karena terkenal dengan sistem keamanan yang digunakan pada sebuah sistem komputer. Kali linux merupakan linux yang bersifat open source atau gratis.

Manakah yang lebih menarik hati bagi kita? Apakah kita masih menggunakan windows atau tertarik ke sistm operasi linux ? Demikian jenis-jenis sistem operasi linux, baik dari jenis linux,varian linux, kelebihan linux, dan linux yang populer serta linux yang bagus digunakan pada server maupun PC/Laptop biasa yang kita gunakan sehari-hari.

0 Response to "Sistem Operasi Linux yang Populer"